Pada tanggal 20 hingga 21 Juni 2025, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Palangka Raya melaksanakan kegiatan asesmen lapangan akreditasi yang difasilitasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya sistematis program studi dalam meningkatkan mutu akademik, tata kelola, serta relevansi pembelajaran terhadap kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.





Kegiatan asesmen ini dipimpin oleh dua asesor dari LAMDIK, yaitu Prof. Dr. Yuliani, M.Si. dan Prof. Dr. Paidi, M.Si. Keduanya melakukan penilaian secara menyeluruh terhadap berbagai aspek penting program studi, mulai dari dokumen borang, keterlibatan dosen dan mahasiswa, fasilitas pendukung pembelajaran, hingga tata kelola kelembagaan. Segala aspek yang dinilai menjadi indikator penting dalam menentukan status akreditasi yang akan diperoleh.
Seluruh rangkaian kegiatan asesmen dikoordinasikan secara langsung oleh Elga Araina, S.Si., M.Pd. selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Biologi. Dalam pelaksanaan asesmen, Koordinator Program Studi bersama tim dosen dan tenaga kependidikan menunjukkan kesiapan administrasi, data capaian pembelajaran, dan bukti kegiatan akademik maupun non-akademik yang telah dilaksanakan.
Asesmen lapangan ini turut melibatkan berbagai unsur pimpinan Universitas Palangka Raya. Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor Universitas Palangka Raya, Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S., yang memberikan dukungan penuh terhadap proses akreditasi. Selain itu, Dekan FKIP Universitas Palangka Raya, Dr. Rinto Alexandro, S.E., M.M., juga berperan aktif dalam memfasilitasi jalannya kegiatan. Tiga wakil dekan turut hadir dan mendukung proses asesmen, yaitu Dr. Eli Karliani, S.Pd., M.Pd. sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Eriawati, S.Pd., M.Pd. sebagai Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, serta Dr. Fendahapsari Singgih Sendayu, S.Pd., M.Pd. sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan.
Kegiatan asesmen berlangsung dengan lancar dan penuh semangat kolaboratif. Setiap sesi kegiatan, mulai dari pemaparan borang, wawancara dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, hingga tinjauan lapangan, menunjukkan kesiapan Program Studi Pendidikan Biologi dalam menjawab tantangan pendidikan tinggi berbasis mutu dan dampak nyata bagi masyarakat.
Asesmen lapangan ini menjadi momentum penting untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap keberhasilan program studi dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan semangat gotong royong dari seluruh elemen akademik, kegiatan akreditasi ini mempertegas komitmen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Palangka Raya dalam mewujudkan pendidikan yang unggul, relevan, dan berdaya saing di tingkat nasional.